RPP Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Teks Laporan Percobaan
RPP Mengidentifikasi dan Mennyimpulkan Teks Laporan Percobaan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Negeri 2 Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/
Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Teks Laporan Percobaan
Alokasi Waktu : 2x Pertemuan (6
JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan deskripsial) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mencoba, mengelolah, dan menyaji
dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan ,adanya vitamin pada
makanan ,dll)
4.1
Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
yang dibaca
|
3.1.1 Menentukan
model-model teks laporan percobaan
yang dibaca
3.1.2 Menjelaskan fungsi teks laporan
percobaan yang dibaca
3.1.3 Mendata informasi dari teks laporan
percobaan yang dibaca
4.1.1 Menyimpulkan tujuan teks laporan percobaan yang dibaca
4.1.2 Menyimpulkan bahan /alat teks laporan
percobaan yang dibaca
4.1.3 Menyimpulkan langkah teks laporan percobaan yang dibaca
4.1.4 Menyimpulkan hasil teks laporan percobaan yang dibaca
|
Fokus penguatan karakter: Santun, percaya diri, jujur, tanggung jawab
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I
Selama dan setelah
proses pembelajaran berlangsung, peserta didik dapat:
1.
Menentukan
model-model teks laporan percobaan yang
dibaca
2.
Menjelaskan
fungsi teks laporan percobaan yang
dibaca
3.
Mendata
informasi dari teks laporan percobaan
yang dibaca
Pertemuan II
Selama dan setelah
proses pembelajaran berlangsung, peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan tujuan teks laporan
percobaan yang dibaca
2. Menyimpulkan bahan /ala teks
laporan percobaan yang dibaca.
3. Menyimpulkan langkah teks
laporan percobaan yang dibaca.
4. Menentukan hasil teks
laporan percobaan yang dibaca
D. Materi Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
a. Model-model
teks laporan percobaan
b. Fungsi teks laporan percobaan
c. Informasi
teks laporan percobaan
d. Simpulan teks laporan percobaan
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Model
lain teks laporan percobaan
3. Materi
Pembelajaran Remedial
a. Diberikan
teks laporan percobaan lain
yang lebih mudah
E. Metode Pembelajaran
-
Discovery Learning
F.
Media dan Bahan
1.
Media
§ Teks
laporan percobaan
§ HP
2. Bahan
§ Kertas HVS
§ Spidol
G. Sumber Belajar
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2018. Bahasa Indonesia Edisi Revisi. SMP/MTs Kelas IX Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2015. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan. SMP/MTs Kelas Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
·
Permendikbud nomor 50 tahun 2015:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik merespon salam pendidik.
·
Salah seorang peserta didik
memimpin doa bersama.
·
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
(jika jam I)
·
Pendidik menyiapkan kelas: mengecek kehadiran siswa, memeriksa
kondisi fisik, kesiapan mental, dan sosial peserta didik.
·
Pendidik meminta dua atau tiga
peserta didik mengungkapkan informasi yang menarik dari bacaan yang dibaca
sebelumnya
·
Pendidik meminta dua atau tiga
peserta didik yang lain untuk menanggapinya
·
Peserta didik merespons pertanyaan dari guru tentang keterkaitan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diberikan.
·
Peserta didik menerima informasi
tentang
materi, tujuan dan manfaat pembelajaran.
·
Peserta didik menerima penyampaian
lingkup penilaian.
|
12 menit
|
Inti
|
Kegiatan inti
· Pendidik mengawali pembelajaran
dengan menanyakan kepada peserta didik tentang sejumlah
penemu dan hasil temuannya.
· Pendidik membentuk kelompok beranggotakan 4—5 orang secara heterogen
dengan cara kepala bernomor.
· Peserta didik secara kelompok membaca dengan cermat teks laporan percobaan
· Peserta didik mendata informasi dari
berbagai sumber tentang teks laporan percobaan
· Peserta didik saling bertanya jawab menemukan model
dan fungsi teks laporan percobaan
· Peserta didik saling bertanya jawab mengidentifikasikan
isi teks laporan percobaan.
· Peserta didik secara berkelompok mengola informasi
terkait fungsi, model-model, dan informasi teks laporan
percobaan.
· Peserta didik meuliskan hasil pekerjaan kelompoknya pada kertas karton.
· Peserta didik mempresentasikan pekerjaan
kelompoknya secara bergantian.
· Kelompok lain merespon paparan hasil pekerjaan
kelompok lain untuk membuktikan temuan sementara tentang ciri kebahasaan teks
tantangan.
· Peserta didik dengan dibantu pendidik, menarik kesimpulan tentang model
dan fungsi teks laporan percobaan
serta informasi yang terdapat di dalamnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·
Peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan pendidik untuk mengukur ketercapaian indikator
pembelajaran hari ini.
·
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari pendidik
mengenai fungsi, dan model-model teks serta informasi yang
terdapat di dalamnya.
·
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran tentang kalimat
dan gagasan utama paragraf dalam teks laporan
percobaan.
|
18 menit
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
12 menit
|
Inti
|
Kegiatan inti
·
Pendidik mengawali pembelajaran
dengan menceritakan penemuan menarik dari salah seorang
penemu.
·
Peserta didik diarahkan pendidik untuk membentuk kelompok dengan anggota
4—5 orang secara heterogen.
·
Peserta didik secara kelompok membaca dengan cermat
teks laporan percobaan
· Peserta didik saling bertanya jawab
bagaimana merumuskan
simpulan teks
laporan percobaan
· Peserta didik mendata informasi dari
berbagai sumber tentang simpulan.
· Peserta didik secara berkelompok mengola informasi
terkait simpulan teks laporan percobaan
·
Peserta didik menuliskan hasil pekerjaan kelompoknya.
·
Peserta didik mempresentasikan pekerjaan
kelompoknya secara bergantian.
·
Kelompok lain merespon paparan hasil pekerjaan
kelompok lain secara
begantian untuk membuktikan temuan sementara tentang ciri
kebahasaan teks tantangan.
·
Peserta didik dengan dibantu pendidik, menarik simpulan tentang kalimat
utama, gagasan utama dsan simpulan teks laporan percobaan
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·
Peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan pendidik untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran
hari ini.
·
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari pendidik
mengenai fungsi, dan model-model teks serta informasi yang
terdapat di dalamnya.
·
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran tentang ciri kebahasaan teks tanrruuutangan.
|
18 menit
|
I. Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Observasi
|
Jurnal
|
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
Catatan:
Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif)
siswa.
Kelas/Semester: IX/ I
Tahun Pelajaran: 2019/2020
No.
|
Waktu
|
Nama Peserta
Didik
|
Catatan
Perilaku
|
Nilai Karakter
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengetahuan
Ø Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Ø Bentuk penilaian : Uraian
Ø Kisi-Kisi :
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan
percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pd makanan ,adanya vitamin pada makanan ,dll
|
· Mengidentifikasi informasi dari laporan
percobaan
|
1. Menentukan informasi dari teks
laporan percobaan yang dibaca
|
Tes
tertulis
(bentuk uraian)
|
c. Keterampilan
Ø .
Teknik Penilaian :
Praktik
Ø Instrumen penilaian :
Ø Kisi-Kisi :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
1.
|
4.1 Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan /atau dibaca.
|
Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan
|
1. Menyimpulkan tujuan laporan percobaan.
2. Menyimpulkan bahan /alat laporan percobaan.
3. Menyimpulkan langkah laporan percobaan.
4. Menyimpulkan langkah laporan percobaan
|
Butir soal:
Bacalah teks laporan percobaan berikut ini dan jawablah pertanyaan yang
tersedia!
Percobaan
Membuat Teleskop Sederhana
Supaya dapat mengamati benda-benda
di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop
merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini
mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik
karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang
mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan
pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.
Untuk membuat teleskop sederhana,
diperlukan bahan dan alat berikut. a) Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa
cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5
cm. b) Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm. c)
Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat. d) Lensa okuler (bisa
menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) atau bisa juga dengan membeli
lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
Adapun cara pembuatan teleskop
sederhana adalah seperti berikut.
I. Tentukan panjang badan teleskop!
II. Potong pipa PVC yang panjangnya
sudah diketahui!
III. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan
pipa! Kemudian, sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung
paling depan pipa PVC yang sudah diukur! Ingat lensa objektif selalu terletak
di depan lensa okuler.
IV. Pasangkan perlup di ujung paling
belakang pipa!
V. Letakkan lensa okuler di perlupnya!
Setelah melalui langkah-langkah
tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati
benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat.
Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda
yang jaraknya cukup jauh.
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu
harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan
benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya
kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.
Pertanyaan
1. Apakah fungsi teleskop?
2. Benarkah teleskop harus canggih dan mahal? Berikan
alasanmu!
3. Bagaimanakah rumusan simpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dari teks laporan percobaan
tersebut.
Rubrik penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
![]() |
2
|
![]() |
1
|
|
2
|
![]() |
4
|
![]() |
3
|
|
![]() |
2
|
|
![]() |
1
|
|
5.
|
![]() |
4
|
|
![]() |
3
|
|
![]() |
2
|
|
![]() |
1
|
1. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika
50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.
Pemberian tugas kelompok,
jika yang mengikuti remedial lebih dari 20%
dan
kurang dari 50%.
c.
Bimbingan perorangan, jika
yang mengikuti remedial maksimal 20%
2. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas individu mencari teks laporan percobaan yang lain.
Makassar, 15 Juli 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dr.St. Haniah, M.Pd.
Rahmini,S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19680208199412 2 007
NIP. 19720915 200003 2 003
Komentar
Posting Komentar