Menyajikan Teks Diskusi Menggunakan Model Project Based Learning

Penyajian Teks Diskusi 

A. Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
  • Penggunaan Konjungsi Perlawanan. Menggunakan tanda hubung perlawanan seperti tetapi, sedangkan, tidak tetapi, dan bukan melainkan, penggunaan kata kerja dan kata benda. ...
  • Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal. Kohesi leksikal. ...
  • Penggunaan Modalitas.
B. Tata cara dalam Melaksanakan Diskusi Kelompok :
  1. Pemandu membuka diskusi.
  2. Pemandu mengemukakan masalah yang akan dibicarakan dalam disukusi.
  3. Pelaksanaan diskusi dipimpin oleh pemandu. 
  4. Kemungkinan pemecahan masalah dalam diskusi dengan beradu argumen antarpeserta dengan bijaksana dan penuh tanggungjawab.
  5. Mempertimbangkan baik buruk semua argumen yang mengemuka, kemudian mencapai kata mufakat untuk menghasilkan putusandiskusi. Jika tidak tercapai kata mufakat dalam diskusi, putusan diskusi dapat dilakukan denga pengambilan suara terbanyak atau voting.
  6. Pemandu menutup diskusi dengan mengemukakan hasil diskusi, menyampaikan harapan-harapan, dan diakhiri dengan salam penutup.

.C. Hal – Hal yang harus dan perlu Diperhatikan dalam Diskusi
  1. Mengemukakan suatu pendapat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan sopan
         kepada semua peserta diskusi.
  2. Menyampaikan sebuah pendapat dengan menggunakan kalimat yang singkat dan jelas, agar pendengar dapat mengetahui dan memahami tentang pendapat yang disampaikan.
  3. Menyampaikan penolakan dalam pendapat yang disampaikan di diskusi, harus disampaikan dengan menggunakan alasan yang logis dan jelas.
  4. Menolak suatu pendapat dalam diskusi harus dilakukan tanpa menghina maupun menyinggung perasaan orang lain.
  5. Pertanyaan yang disampaikan harus singkat dan jelas, agar tidak mengulur waktu dan dapat dipahami oleh peserta diskusi.
D. Pihak-pihak yang yang terlibat dalam diskusi

Moderator   : memimpin jalannya diskusi
Notulis         : sebagai penulis siapa saja peserta diskusi dan siapa saja yg bertanya atau berpendapat
Peserta         : Memberikan pertanyaan dan pendapat sesuai dengan materi diskusi.
Peninjau      :  Penyelenggara atau pembina
       Pengunjung  :  pemerhati atau hanya sebagai penonton

E. Contoh kata yang dapat digunakan untuk menyangga pendapat  yang baik:
1.Kurang sependapat
2.Kurang dapat diterima
3.Perlu ditinjau kembali
4.Belum sesui dengan pokok permasalahan
5.Kurang sesuai
6.Mungkin ada pendapat yang lain
  
  Contoh kata yang dapat digunakan untuk menerima pendapat  yang baik:
1.Pendapat anda sesuai dengan tujuan
2.Saya setuju
3.Pendapat anda sangat bagus
4.Pendapat anda obyektif
5.Pendapat anda merupakan solusi terbaik


F. Secara singkat gambaran kegiatan diskusi ini adalah
a. Pendahuluan => moderator membuka diskusi, mengemukakan topik dan arah serta tujuan yang ingin dicapai, memperkenalkan para peserta, serta membacakan tata tertib;
b. Penyampaian gagasan => panelis menyelesaikan gagasan, pendapat, atau pengalaman sesuai dengan jatah waktu yang diberikan;
c. Diskusi bebas => moderator mengatur jalannya diskusi antarpanelis serta tanggapan antarpanelis;
d. Partisipasi pendengar => moderator mempersilakan para pendengar untuk mengemukakan pendapat, menanggapai, bertanya, atau berkomentar. Panelis yang ditanyai atau ditanggapi akan memberikan jawaban.
G. Rangkuman => moderator merangkum hasil diskusi dengan mendapatkan pemecahan. Itulah sebabnya, pada umumnya lokakarya juga mengundang ahli dalam bidangnya sehingga secara teknis dapat mengemukakan pandangan yang mendalam untuk mencari solusi. Dalam hal ini biasanya disusunlah makalah dan disertai dengan presentasi. Masalah yang dikemukakan biasanya relatif konkret, tak sebatas konsep.

Langkah-langkah Pembelajaran
1. Buatlah teks diskusi, satu teks untuk dua kelompok.
2. Diantara kedua kelompok memiliki pendapat pro sementara kelompok lain memiliki pendapat 
     kontra. 
3. Setelah itu peserta didik membagi tugas dalam pelaksanaan diskusi dalam setiap kelompok.
4. Peserta didik berdiskusi dengan dipandu oleh moderator.
5. Kedua kelompok yang berdiskusi menentukan moderator, notulis.
6. Pelaksanaan diskusi diakhiri setelah semua kelompok tampil berdiskusi.



Daftar Pustaka


https://portal-ilmu.com/pengertian-tujuan-bentuk-bentuk-dan-langkah-diskusi/#!

http://aththar95.blogspot.com/2012/01/tata-cara-dan-syarat-berdiskusi-yang.html
https://keterampilanbicara.wordpress.com/2009/08/21/teknik-berdiskusi-dengan-baik/
https://www.google.com/search?q=unsur+unsur+kebahasaan+teks+diskusi&oq=unsur-unsurkebahasaan+teks+diskusi
http://nimatulhsanah29.blogspot.com/2017/09/tata-cara-dan-syarat-berdiskusi-yang.html











Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYIMPULKAN UNSUR CERPEN

Cerita Fantasi