RPP Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Teks Laporan Percobaan



RPP Mengidentifikasi dan Mennyimpulkan Teks Laporan Percobaan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 : SMP Negeri 2 Makassar
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester     : IX/Ganjil
Materi Pokok        : Teks Laporan Percobaan
Alokasi Waktu      : 2x Pertemuan (6 JP)

A.    Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan deskripsial) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mencoba, mengelolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan ,adanya vitamin pada makanan ,dll)

4.1 Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca
3.1.1 Menentukan model-model teks laporan   percobaan yang dibaca
3.1.2 Menjelaskan fungsi teks laporan   percobaan yang dibaca
3.1.3 Mendata informasi dari teks laporan   percobaan yang dibaca

4.1.1 Menyimpulkan tujuan teks laporan percobaan yang dibaca
4.1.2 Menyimpulkan bahan /alat teks laporan percobaan yang dibaca
4.1.3 Menyimpulkan langkah teks laporan percobaan  yang dibaca
4.1.4 Menyimpulkan hasil teks laporan percobaan yang dibaca

Fokus penguatan karakter: Santun, percaya diri, jujur, tanggung jawab

C.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I
Selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung, peserta didik dapat:  
1.      Menentukan model-model teks laporan   percobaan yang dibaca
2.      Menjelaskan fungsi teks laporan   percobaan yang dibaca
3.      Mendata informasi dari teks laporan   percobaan yang dibaca

Pertemuan II
Selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung, peserta didik dapat:              
1.      Menyimpulkan tujuan teks laporan percobaan yang dibaca
2.      Menyimpulkan bahan /ala teks laporan percobaan yang dibaca.
3.      Menyimpulkan langkah teks laporan percobaan  yang dibaca.
4.      Menentukan hasil teks laporan percobaan yang dibaca

D.  Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
a.       Model-model teks laporan percobaan
b.      Fungsi  teks laporan percobaan
c.       Informasi teks laporan percobaan
d.      Simpulan teks laporan percobaan
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Model lain teks laporan percobaan                      
3.      Materi Pembelajaran Remedial
a.    Diberikan teks laporan percobaan lain yang lebih mudah

E.     Metode Pembelajaran
-          Discovery Learning

F.     Media dan Bahan
1.      Media
§  Teks laporan percobaan
§  HP

2.      Bahan
            §  Kertas  HVS
            §  Spidol

G.    Sumber Belajar
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Bahasa Indonesia Edisi Revisi.  SMP/MTs Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan.  SMP/MTs Kelas Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
·         Permendikbud nomor 50 tahun 2015: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

Kegiatan
Uraian
Alokasi Waktu

Pendahuluan
· Peserta didik merespon salam pendidik.
· Salah seorang peserta didik memimpin doa bersama.
· Menyanyikan lagu Indonesia Raya (jika jam I)
· Pendidik menyiapkan kelas: mengecek kehadiran siswa, memeriksa kondisi fisik, kesiapan mental, dan sosial peserta didik.
· Pendidik meminta dua atau tiga peserta didik mengungkapkan informasi yang menarik dari bacaan yang dibaca sebelumnya
· Pendidik meminta dua atau tiga peserta didik yang lain untuk menanggapinya
· Peserta didik merespons pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diberikan.
· Peserta didik menerima informasi tentang materi, tujuan dan manfaat pembelajaran.
· Peserta didik menerima penyampaian lingkup penilaian.

12 menit

Inti

Kegiatan inti
·      Pendidik  mengawali pembelajaran dengan menanyakan kepada peserta didik tentang sejumlah penemu dan hasil temuannya.
·  Pendidik membentuk kelompok beranggotakan 4—5 orang secara heterogen dengan cara kepala bernomor.
·      Peserta didik secara kelompok membaca dengan cermat    teks laporan percobaan
·   Peserta didik mendata informasi dari berbagai sumber  tentang teks laporan percobaan
·     Peserta didik saling bertanya jawab menemukan model dan fungsi teks laporan percobaan
·      Peserta didik saling bertanya jawab mengidentifikasikan isi teks laporan percobaan.
·  Peserta didik secara berkelompok mengola informasi terkait fungsi, model-model, dan informasi teks laporan percobaan.
·  Peserta didik meuliskan hasil pekerjaan kelompoknya pada kertas karton.
·   Peserta didik mempresentasikan pekerjaan kelompoknya secara bergantian.
· Kelompok lain merespon paparan hasil pekerjaan kelompok lain untuk membuktikan temuan sementara tentang ciri kebahasaan teks tantangan.
· Peserta didik dengan dibantu pendidik, menarik kesimpulan tentang model dan fungsi  teks laporan percobaan serta informasi yang terdapat di dalamnya.

90 menit


Penutup

·       Pendidik dan peserta didik  melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·       Peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan pendidik untuk  mengukur ketercapaian indikator pembelajaran hari ini.
·       Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari pendidik mengenai fungsi, dan model-model teks serta informasi yang terdapat di dalamnya.
·       Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran tentang kalimat dan gagasan utama paragraf dalam teks laporan percobaan.

18 menit

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Uraian
Alokasi Waktu

Pendahuluan
  •  Peserta didik merespon salam pendidik.
  •  Salah seorang peserta didik memimpin doa bersama.
  •  Menyanyikan lagu Indonesia Raya (jika jam I)
  •  Pendidik mempersiapkan kelas: mengecek kehadiran siswa, memeriksa kondisi fisik, kesiapan mental, dan sosial peserta didik.
  •  Pendidik meminta dua atau tiga peserta didik mengungkapkan informasi yang menarik dari bacaan yang dibaca sebelumnya
  • Pendidik meminta dua atau tiga peserta didik yang lain untuk menanggapinya Peserta didik merespons pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diberikan.
  •  Peserta didik menerima informasi tentang materi, tujuan dan manfaat pembelajaran.
  • Peserta didik menerima penyampaian lingkup penilaian.  

12 menit

















Inti

Kegiatan inti
·       Pendidik  mengawali pembelajaran dengan menceritakan penemuan menarik dari salah seorang penemu.
·      Peserta didik diarahkan pendidik untuk membentuk kelompok dengan anggota 4—5 orang secara heterogen.
·       Peserta didik secara kelompok membaca dengan cermat teks laporan percobaan
·       Peserta didik saling bertanya jawab bagaimana merumuskan simpulan teks laporan percobaan
·       Peserta didik mendata informasi dari berbagai sumber tentang simpulan.
·       Peserta didik secara berkelompok mengola informasi terkait simpulan teks laporan percobaan
·      Peserta didik menuliskan hasil pekerjaan kelompoknya.
·      Peserta didik mempresentasikan pekerjaan kelompoknya secara bergantian.
·      Kelompok lain merespon paparan hasil pekerjaan kelompok lain secara begantian untuk membuktikan temuan sementara tentang ciri kebahasaan teks tantangan.
·      Peserta didik dengan dibantu pendidik, menarik simpulan tentang kalimat utama, gagasan utama dsan simpulan teks laporan percobaan

90 menit

Penutup

·       Pendidik dan peserta didik  melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·       Peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan pendidik untuk  mengukur ketercapaian indikator pembelajaran hari ini.
·       Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari pendidik mengenai fungsi, dan model-model teks serta informasi yang terdapat di dalamnya.
·       Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran tentang ciri kebahasaan teks tanrruuutangan.

18 menit

                        I.     Penilaian
a.    Sikap (spiritual dan sosial)
       
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal


Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) siswa.
  Kelas/Semester: IX/ I
 Tahun Pelajaran: 2019/2020

No.
Waktu
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Nilai Karakter
Ttd
Tindak Lanjut





























b.    Pengetahuan
Ø Teknik Penilaian                 : Tes Tertulis
Ø Bentuk penilaian                 : Uraian
Ø Kisi-Kisi                             :

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pd makanan ,adanya vitamin pada makanan ,dll
·      Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan
1. Menentukan informasi dari teks laporan  percobaan yang dibaca
Tes tertulis
(bentuk uraian)

c.    Keterampilan
Ø  . Teknik Penilaian         : Praktik
Ø  Instrumen penilaian      :
Ø  Kisi-Kisi                       :



No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
1.
4.1 Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan /atau dibaca.
Menyimpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
1. Menyimpulkan tujuan laporan percobaan.
2. Menyimpulkan bahan /alat laporan percobaan.
3. Menyimpulkan langkah laporan percobaan.
4. Menyimpulkan langkah laporan percobaan

Butir soal:
Bacalah teks laporan percobaan berikut ini dan jawablah pertanyaan yang tersedia!

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana
            Supaya dapat mengamati benda-benda di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.
           Untuk membuat teleskop sederhana, diperlukan bahan dan alat berikut. a) Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5 cm. b) Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm. c) Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat. d) Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) atau bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
           Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.
I. Tentukan panjang badan teleskop!
II. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui!
III. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa! Kemudian, sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur! Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.
IV. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa!
V. Letakkan lensa okuler di perlupnya!
           Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.
         Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Pertanyaan
1. Apakah fungsi teleskop?
2. Benarkah teleskop harus canggih dan mahal? Berikan alasanmu!
3. Bagaimanakah rumusan simpulkan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dari teks laporan percobaan tersebut.
                                         Rubrik penilaian    
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
*      Menjawab 2 pertanyaan dengan benar
2
*      Menjawab 1 pertanyaan dengan benar
1
2
*      Jawaban benar alasan benar
4
*      Jawaban benar alasan salah
3
*      Jawaban salah alasan benar
2
*      Jawaban salah alasan salah
1
5.
*      Merumuskan simpulan tujuan ,bahan /alat, langkah, dan hasil dari teks laporan percobaan
4

*      Merumuskan simpulan bahan /alat, langkah, dan hasil dari teks laporan percobaan
3

*      Merumuskan simpulan langkah, dan hasil dari teks laporan percobaan
2

*      Merumuskan simpulan hasil dari teks laporan percobaan
1
                                        




    1. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai  ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.    Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.   Pemberian tugas kelompok, jika yang mengikuti remedial lebih dari 20% dan kurang dari 50%.
c.    Bimbingan perorangan, jika yang mengikuti remedial maksimal 20%

2.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas individu mencari teks laporan percobaan yang lain.



Makassar, 15   Juli 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

Dr.St. Haniah, M.Pd.                                                         Rahmini,S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19680208199412 2 007                                            NIP. 19720915  200003 2 003
         












Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYIMPULKAN UNSUR CERPEN

Cerita Fantasi