MENELAAH TEKS LAPORAN PERCOBAAN


MENELAAH TEKS LAPORAN PERCOBAAN


Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

1. Menggunakan Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk
Kalimat kompleks atau majemuk adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola kalimat. Kalimat kompleks terdiri atas lebih dari satu kalimat tunggal atau kalimat simpleks. Kalimat kompleks dibagi menjadi 2 jenis yaitu setara dan bertingkat.

2. Menggunakan Kata Hubung
Kata penghubung adalah kata yang menjadi penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagtaf.
Contoh kata hubung : dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dll

3. Menggunakan Kata rujukan
Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata, frasa, klausa, atau kalimat sebelumnya. Kata rujukan biasanya menggunakan kata ganti (ia, mereka, dia), penunjuk (ini,itu), keterangan (di sini, di sana).

4. Menggunakan istilah teknis
Penggunaan istilah teknis menjadi bagian dari unsur bahasa dalam teks rekaman percobaan, yakni pilihan kata atau diksi yang digunakan sesuai konteks. Pilihan kata harus dilakukan dengan tepat.

5. Menggunakan kalimat perintah
Penggunaan kalimat perintah untuk menjelaskan langkah-langkah.

6. Menggunakan kata bilangan
Contoh : satu,dua,pertama,kedua,dll



Kegiatan menelaah teks laporan percobaan dilakukan dengan cara menelaah struktur dan ciri kebahasaan. Kegiatan ini dilakukan setelah melewati kegiatan mengidentiikasi teks laporan percobaan. 

Teks Laporan Percobaan


LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM JARINGAN XYLEM
Shafira Nur Fadlilah, dkk.
 SMPN 1 Dolopo, Madiun 

1. TUJUAN 
    Untuk mengetahui jaringan xylem pada tumbuhan 

2. KAJIAN TEORI 
    Xilem merupakan jaringan kompleks karena tersusun dari beberapa tipe sel yang berbeda. Penyusun utamanya adalah trakeid dan trakea sebagai saluran pengangkut air dengan penebalan dinding sel yang cukup tebal sekaligus berfungsi sebagai penyokong. Xilem juga tersusun atas serabut, sklerenkim, serta sel-sel parenkim yang hidup dan berperan dalam berbagai kegiatan metabolisme sel. Xilem disebut juga sebagai pembuluh kayu yangmembentuk kayupadabatang. Trakeid dan trakea merupakan dua kelompok sel yang membangun pembuluh xilem. Kedua tipe sel berbentuk bulat panjang, berdinding sekunder dari lignin dan tidak mengandung kloroplas sehingga berupa sel mati. Perbedaan pokok antara keduanya, adalah pada trakeid tidak terdapat perforasi(lubang-lubang),hanyaadacelah(noktah),berupaplasmodesmata yang menghubungkan satu sel dengan sel lainnya. Sedangkan pada trakea terdapat perforasi pada bagian ujung-ujung selnya. Transportasi air dan mineral pada trakea berlangsung melalui perforasi ini, sedangkan pada trakeid berlangsung lewat noktah (celah) antarselselnya. Selsel pembentuk trakea tersusun sedemikian rupa sehingga merupakan deretan sel memanjang (ujung bertemu ujung) membentuk pipa panjang (kapiler). Bentuk penebalan pada dinding trakea dapat berupa cincin spiral, atau jala. 

3. ALAT DAN BAHAN 
a. Cutter 
b. 2 Buah Tanaman Pacar Air 
c. 2 Botol Air Mineral Bekas Ukuran 1500 ml 
d. 2 Sachet Pewarna Makanan Biru dan Merah 
e. Air Secukupnya 

4. PROSEDUR / CARA KERJA 
1) Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan 
2) Membersihkan akar tanaman pacar air dari tanah yang masih menempel 
3) Memotong tanaman pacar air yang pertama yaitu pada akarnya 
4) Membiarkan akar tanaman pacar air yang kedua tetap utuh 
5) Memotong kedua botol air mineral bekas menjadi sama besar untuk tempat menaruh   
    tanaman pacar air atau memotongnya disesuaikan dengan ukuran tanaman pacar air 
6) Selanjutnya mengisi kedua botol air mineral bekas yang sudah dipotong dengan air yang 
    secukupnya 
7) Beri tanda pada botol air mineral bekas, contohnya : 
    a.Tanda A untuk Tanaman Pacar Air yang Akarnya Masih Utuh 
    b.Tanda B untuk Tanaman Pacar Air Yang Tidak Ada Akarnya 
8) Memasukkan pewarna makanan kedalam botol air mineral bekas, contohnya : 
    a.Tanda A diberi Pewarna Makanan Warna Biru 
    b.Tanda B diberi Pewarna Makanan Warna Merah 
9) Lalu aduk air yang sudah dicampur pewarna makanan sampai merata 
10) Memasukkan tanaman pacar air kedalam masing-masing botol air mineral bekas 
11) Setelah semuanya selesai menunggu 1 sampai 2 hari untuk melihat hasil percobaan yang telah dibuat, dengan catatan setiap hari kita selalu melihat apakah ada perubahan pada masing-masing tanaman pacar air. 

5. HASIL PENGAMATAN 
    
No   Tanaman             Perubahan yang terjadi         Perubahan yang terjadi
                                         Hari ke 1                               Hari ke 2

1      Tanaman             Pada pangkal batang             Daun dan pembuluh xilem
        Pacar air              di dalamnya mulai                  tampak berwarna biru
        yang akarnya
        masih utuh


TUGAS 
1. Bacalah teks laporan percobaan tersebut!
2. Cermatilah struktur teks laporan percobaan!
3. Tuliskanlah bagian-bagian struktur teks rekaman percobaan!
4. Tentukanlah ciri kebahasaan teks laporan percobaan (kalimat kompleks/majemuk;
    sinonim dan antonim; kata bilangan; kalimat perintah;kata hubung; rujukan (referensi);  
    dan istilah teknis.
5. Ikutilah langkah-langkah berikut!
  
    a. Guru bersama siswa mengundi untuk menentukan urutan tampil.
    b. Guru menyuruh  siswa berdiri berpasangan di depan kelas mulai dari kelompok urutan I.
    c.Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 5×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya.    
       Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh
       dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan di telinga.
   d. Sementara siswa membawa kartu 5×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya
       sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 5×10 cm. jawaban tepat
       bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
   e. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
      Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain
      asal   jangan langsung memberi jawabannya.
   f. Pembelajaran dilanjutkan oleh kelompok lain.
   g. Setelah perwakilan kelompok memberikan jawaban yang tepat, anggota  kelompoknya
       membuat peta pikiran.
   h. Dan seterusnya sampai semua kelompok selesai tampil.

DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYIMPULKAN UNSUR CERPEN

Cerita Fantasi