MENYUSUN TEKS LAPORAN PERCOBAAN



MENYUSUN TEKS LAPORAN PERCOBAAN

Sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis. Teks ini benar-benar merupakan sebuah rekaman dari percobaan yang telah dilakukan. Agar dapat menyusun teks rekaman percobaan dengan baik kita perlu melakukan percobaan atau penelitian terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari kegiatan percobaan atau penelitian dan hasilnya dicatat secara jelas dan perinci, kemudian disusun menjadi sebuah laporan yang memenuhi struktur dan ciri kebahasaan teks rekaman percobaan.
Sebagai salah satu jenis karya ilmiah yang kebenarannya harus dapat dipertanggungjawabkan secara kelimuan, bahasa dalam teks rekaman percobaan tidak boleh menimbulkan multitafsir. Bahasanya harus lugas dan jelas, bahasa dalam teks rekaman percobaan pada umumnya ditandai dengan penggunaan kalimat kompleks, kata penghubung, kata rujukan, dan isilah teknis.

Sebagai salah satu tugas dalam rangkaian kerja kelompok, kamu diminta menyusun teks rekaman percobaan tentang percobaan yang pernah kamu atau orang lain lakukan. Data yang dapat membantumu menyusun teks tersebut dapat kamu cari di media massa, elektronik, atau karya-karya yang sudah diterbitkan. Untuk itu, lakukan tugas proyek berikut sesuai dengan perintah.
  1. Tentukan tema teks rekaman percobaan yang akan kamu susun! Tema tersebut dapat berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, sekolah, atau sesuatu yang menarik bagimu.
  2. Kembangkan tema tersebut menjadi kalimat-kalimat dengan menggunakan kata-kata sendiri dan penggunaan bahasa yang benar!
  3. Susun dan gabunglah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks rekaman percobaan yang urut dan logis! Kalimat-kalimat yang kamu gabung itu sesuai dengan bagian struktur teks rekaman percobaan, yaitu tujuan; alat dan bahan; langkah-langkah; hasil; dan simpulan. Agar keterkaitan di antara kalimat-kalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat yang tepat.
  4. Agar teks yang kamu susun itu penggunaan bahasanya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu! Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan.
  5. Setelah teks rekaman percobaan hasil kerja kelompokmu selesai, minta guru atau temanmu untuk membacanya, kemudian minta saran perbaikan dari mereka!
.

TUGAS
 Susunlah teks laporan percobaan dengan memilih satu tema berikut!
1. Membuat sabun cuci piring dari bahan herbal
2. Membuat pengharum ruangan

Daftar Pustaka
http://www.mikirbae.com/2015/12/menyusun-teks-rekaman-percobaan.htm






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYIMPULKAN UNSUR CERPEN

Cerita Fantasi