Menceritakan Teks Fabel
Penerapan Tim Bicara Berbantuan Video dan Blog
1. Video Fabel
Kerbau Yang Cerdas | Dongeng anak | Dongeng Bahasa Indonesia
2. Langkah-langkah Kegiatan Pembeljaran
MENONTON VIDEO
Waktu:15
Menit
|
|
1
|
Duduklah bersama teman kelompok kalian
|
2.
|
Siapkan kertas dan ballpoin.
|
3.
|
Perhatikan baik-baik tayangan video
tersebut, karena kegiatan selanjutnya berhubungan dengan apa yang sudah
kalian ceritakan
|
MENENTUKAN RINCIAN PERISTIWA
Waktu:
40 Menit
|
|
1
|
Setiap anggota kelompok harus memperhatikan bagian video untuk
diceritakan
|
2
|
Catatlah hal-hal yang kalian anggap penting suapay
bisa bercerita dengan lancar.
|
3
|
Sebagai pertanyaan pemandu dapat digunakan
:
a.
Apa judul cerita?
b.
Di mana tempat terjadinya?
c.
Apa yang dialami tokoh cerita?
d.
Permasalahan apa yang terjadi?
e.
Kegiatan apa yang dilakukan oleh tokoh
untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi?
f.
Bagaimana akhir cerita?
|
4
|
Setelah selesai menonton video fabel,
diundi anggota kelompok untuk menentukan urutan bercerita di dalam kelompok
|
5
|
Peserta didik yang ke-1, menceritakan judul
dan tempat terjadinya cerita,bisa juga
menceritakan selain dari yang dikuasai.
|
6
|
Peserta didik yang ke-2 menceritakan
kejadian/peristiwa yang dialami tokoh cerita
|
7
|
Peserta didik yang ke-3 menceritakan
puncak permasalahan yang dialami tokoh
|
8
|
Peserta didik ke-4 menceritakan apa yang dilakukan tokoh dalam memecahkan
permasalahan yang dialami
|
9
|
Peserta didik ke-5 menceritakan akhir cerita fabel
|
10
|
Berlatihlah bercerita di dalam kelompok
sebelum tampil di depan kelas.
|
11
|
Setelah semua
anggota kelompok selesai bercerita di dalam
kelompok, tampillah bercerita di depan kelas
|
BERCERITA DI DEPAN KELAS
Waktu:
15 Menit
|
|
1
|
Semua anggota kelompok maju untuk bercerita
secara bergantian menyampaikan isi cerita di depan kelas
|
2
|
Secara bergantian sampaikan isi cerita di
depan kelas
|
3
|
Peserta didik yang ke-1 mulai bercerita
dilanjutkan peserta didik ke-2 dan seterusmya sampai peserta didik ke-5
|
4
|
Kelompok lain menilai dengan format berikut:
|
FORMAT PENILAIAN
Kelas :
Kelompok
:
No.
|
Yang Dicermati
|
Skor
|
Jumlah Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Kelancaran penceritaan
|
|||||
2
|
Ketepatan isi dengan cerita yang dibaca
|
|||||
3
|
Intonasi dan kejelasan lafal
|
4
|
Kekompakan
|
|||||
5
|
Kepercayaan diri
|
Keterangan 4 = semua
anggota kelompok melakukan secara tepat 3 = sebagian besar anggota kelompok
melakukan secara tepat 2 = tepat sebagian kecil anggota kelompok melakukan
secara tepat 1 = semua anggota melakukan secara tidak tepat.
Tabel Respon Siswa
NO
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
Jumlah
|
1
|
Memberi kemudahan
belajar
|
|||||
2
|
Sangat menyenangkan
|
|||||
3
|
Perlu diteruskan
|
|||||
4
|
Memberi kepercayaan diri
|
Komentar
Posting Komentar