MENGIDENTIFIKASI TEKS TANGGAPAN

MENGIDENTIFIKASI TEKS TANGGAPAN
            
            3.7 Mengidentifikasi Informasi  dari Teks Tanggapan
              
                  Tujuan:
               1. Mendata informasi-informasi  yang terdapat dalam teks tanggapan  yang 
                   didengar atau dibaca.
               2. Mendata bentuk-bentuk tanggapan yang terdapat dalam teks tanggapan

Bacalah teks berikut!
      Jika dinyatakan kepada siapa pun yang pernah mempelajari kesastraan Indonesia selama 30 tahun terakhir tentang siapa itu Marco Kartodikromo, atau lebih popular dikenal Mas Marco, mungkin tidak sampai seperseratus persen yang pernah mendengar namanya. Bukan sua tu kesalahan jika Mas Marco tidak dikenal. Nama dan karyanya seperti Student Hidjo memang tidak pernah disinggung ataupun dimasukkan ke dalam karya sastra.
Student Hidjo pertama kali muncul tahun 1918 dalam cerita bersambung di Harian Sinar Hindia. Setahun kemudian, baru terbit dalam bentuk buku. Usia peredarannya tak lama, karena disita oleh pemerintah colonial. Buku-buku karay Mas Marco yang dikenal sebagai jurnalis sekaligus aktivis gerakan politik penentang Kolonialisme Belanda, dipandang begitu membahayakan. Ketakutan penguasa di kala itu buka tak beralasan. Karya-karya Mas Marco terutama Student Hidjo berbeda dengan tema umumnya karya-karya sastra sezaman yang “direstui” oleh Pemerintah Kolonial.
     Pada masa peredaran novel, ada dua lembaga penting dalam penyediaan bacaan bagi rakyat Hindia Belanda. Pertama Komisi Bacaan Rakyat, Commisie  voor de Inlandsche School en Volkslectuur, yang didirikan tahun 1908. Komisi ini banyak menerbitkan terjamahan bertemakan romantisme Eropa. Kedua, Balai Pustaka, 1917, menerbitkan karya-karya sastra bahasa baku Melayu Tinggi seperti Azab dan Sengsara, 1920, karya Merari Siregar, disusul Siti Nurbaya, 1922, karya Marah Rusli.
    Berbeda dengan tema sastra sang induk semang Komisi Bacaan Rakyat, tema yang diangkat Balai Pustaka diawal pendirian adalah seputar kritik terhadap adat kuno terutama Minangkabau. Kisah-kisah seputar kawin paksa yang mendatangkan sengsara dan kehidupan seputar lingkaranhitam putih tentang yang baik dan buruk secara etika.
     Karya Student Hidjo menggambarkan secara plastis kehidupan kaum priyayi Jawa dengan kemudahana-kemudahan yang mereka peroleh, seperti kemudahan menimpa pendidikan. Suasana pergerakan, terutama Sarekat Islam, tempat para tokoh novel mencurahkan sebagian waktu dan kegiatan, menjadikan novel ini kental dengan politik. Bahkan, kisah cinta sepasang tokoh novel pun diwrnai dengan kegiatan politi
Dua buku dengan versi berbeda diterbitkan  tahun  2000 berdasarkan naskah lama Student Hidjo.Namun sayang, penyesuaian ejaan maupun bahasa mengurangi cita rasa klasik roman Student Hidjo. Perubahan terparah dilakukan Penerbit  Bentang Budaya sedemikian rupa hingga mendekati pemerkosaan naskah.  Secara dokumentasi kedua versi tidak bisa digunakan sebagai buku sumber, source book. Bentang Budaya merusak gaya Mas Marckarena bahasa  Hindia Belanda kala itu diusahakan sesuai dengan bahasa Indonesia terkini.
Jawablah pertanyaan berikut setelah membaca teks tanggapan dalam kotak!
a. Karya apakah yang ditanggapi?
b. Siapa yang menghasilkan karya tersebut?
c. Kehidupan apa yang digambarkan dalam Student Hidjo karya Marco
    Kartodikromo?
d.   Tuliskan tanggapan berupa kritik yang terdapat pada teks tanggapan tersebut!
e.   Tuliskan tanggapan berupa pujian yang terdapat pada teks tanggapan tersebut!





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYIMPULKAN UNSUR CERPEN

Cerita Fantasi